GERAK DALAM KERAWANAN

– Oleh Risang  Yuwono –

Direktur program Resoilnation

Pandemi covid 19  telah menghilangkan  ruang dan eksistensi dunia informal  termasuk diantaranya adalah kegiatan  seni, budaya dan event- event yang tidak dapat terlaksana. Hilangnya Sumber ekonomi atau pendapatan para  pelaku industri kreatif secara parsial maupun keseluruhan.

Selain belum terbentuknya  ‘aklimatisasi’ pola sosial  untuk menyatukan permasalahan dan solusi  dalam satu ruang pikir. Berbagai seminar, pagelaran, kegiatan  budaya, pameran mengalami ketidakpastian akut, serontak ini menimbulkan  goncangan Ekonomi dan kerawanan  pangan bagi seluruh anak bangsa tak terkecuali  para penggerak industri kreatif.

Pada masa pandemi ini,  resoilnation mencoba memotong gerak kerawanan tersebut, dengan mengundang setiap  “ penggerak “ untuk kembali pada kesejatian dan kerendahan hati selayak rengkuhan bumi,  – serata dengan tanah dalam sebuah takjub pameran senirupa, yaitu “ re- soil-nation”, Sebuah pelembagaan arti menuju jatidiri dan kesejatian tanah.

Pameran ini  mencoba meramu  dedikasi untuk menciptakan lumbung – lumbung ”hidup”. Apalagi jika bukan kemandirian pangan yang selama ini pernah menghiasi personifikasi mimpi  kita sebagai bangsa agraris. Kiranya mimpi ini terwujud dalam  ujian pandemi covid ini.

Bergerak bersama kelompok tani sebagai mitra cipta pangan di kawasan Cangkringan Sleman Yogyakarta, setiap helai karya dari pameran ini diharapkan menemukan rumah  dan menjalin sejarah bagi para pengagum kisah. Mungkin anda, saya dan beberapa diantara kita yang sudah tergores secara langsung maupun tidak langsung.

976 Comments