Eksibisi

SAATNYA MERELASIKAN BERAGAM  DAYA HIDUP

Krisis dalam bahasa Cina mengandung dua unsur “ Danger “ dan “ Opportunity “ , bisa disebut sebagai sesuatu yang berbahaya namun juga kesempatan bangkit baru.

Sejarah Seni dan para seniman senantiasa dipenuhi kisah  krisis dan cara – cara pemecahan. Melahirkan konsep, metode , kolaborasi hingga cara berjejaring dalam mengolah manajemen teknologi. Yakni , kerja  dalam  lewat merelasikan ragam modal daya hidup, yakni modal  kreativitas, modal kultural, modal enviroment, modal teknologi hingga model jejaring kolektif.

Sejarah seni mencatat  bahwa bertumbuhnya konsep berkesenian  tidak dapat terpisah dengan pertanian dan latar belakang agraris. Konsep berkesenian dengan teknologi baru ataupun metode manajemen pameran pula  marketing kian  terus memperbarui diri.

Pandemi adalah krisis terbesar kemanusiaan di setiap negara dan individu , termasuk seniman abad ini.

Oleh karena itu upaya pemecahan masalah dengan merelasikan modal – modal daya hidup menjadi upaya sekecil apapun yang harus dijalani dan didukung.

Resoilnation adalah upaya merelasikan modal kreativitas para perupa dengan dunia virtual,  serta modal manajemen sosial ( kebersamaan ), modal manajemen ekonomi kerakyatan dan modal pertanian. Itu semua juga tak lepas dari modal manajemen teknologi serta modal jejaring  yang saling mendukung dan berkaitan. Sebuah upaya yang tidak mudah, namun upaya melangkah adalah cara terbaik di tengah krisis.

Membaca sosok di belakang kerja Resoilnation , terbaca kebergaman latar disiplin, baik beragam seni hingga penggiat ekonomi kerakyatan dan institusi dunia teknologi 4.0 / 5.0 maupun institusi penggiat swadaya warga.

Di sisi lain, Melihat karya – karya rupa yang berpartisipasi, maka justru terbaca keragaman karya  , sekaligus Resoilnation menjadi ruang menangkap kekuatan karya rupa tak terduga  yang tidak hadir dalam pameran – pameran umum.

Dalam krisis kemanusiaan terbesar, langkah kecil dengan merelasikan seluruh modal daya hidup adalah menjadi daya hidup itu sendiri. Pada gilirannya, ini adalah upaya menemukan tatanan dan cara hidup new normal ke depan, khususnya di kota jogja sebagai Indonesia kecil budaya dan pendidikan.

Garin Nugroho

Kurator Resoilnation

Read more